Wednesday, 28 September 2016

Cara menghitung Fe-chelate

Oleh : Pak Indra Gunawan 



Fe, besi, merupakan salah satu unsur yang selalu kurang di system aquaponik secara umumnya. Seperti yang dikatakan sebelumnya, ada tiga jenis Fe-Chelate, Fe-EDTA, Fe-DPTA, dan Fe-EDDHA. Yang paling umum disarankan untuk aquaponik adalah Fe-DPTA, yang stabil sampai pH 7.5. Nah, yang menjadi pertanyaan, bagaimana caranya menghitung jumlah Fe-DPTA yang perlu ditambahkan? Di bawah ini saya mencoba memberi contoh perhitungannya.


Masalah utamanya, Fe yang bisa langsung diserap tanaman adalah Fe-Chelate secara umumnya. Ini berarti tepungnya tidak murni Fe, tapi merupakan senyawa organi
k yang mengikat Fe. Karena Fe-Chelate merupakan sebuah senyawa, Fe hanya merupakan satu bagian dari total beratnya. Dan, ada kemungkinan juga, senyawa itu sendiri tidak 100% murni. Itu yang harus diperhitungkan. Biasanya oleh suppliernya, disebutkan jumlah % berat Fe di dalam tepung yang dijual. Sebagai contoh Fe-Dp Librel dari BASF yang saya pakai, mengandung 7% Fe murni dalam kandungan senyawanya. Itu yang harus dijadikan acuan. Nah, untuk kebutuhan aquaponik sendiri, disarankan untuk men-dosing 2 ppm dari seluruh jumlah air setiap tiga minggu.

Sebagai contoh:

1. Umpamakan total jumlah air di system kita berjumlah 1,000 liter (ini cuma contoh saja, ya, supaya bisa dihitung dengan mudah).
2. Kalau dibutuhkan 2 ppm per tiga minggu, 2 ppm dari 1,000 liter air adalah 2 gram Fe (murni) per 3 minggu. TAPI, ini Fe murni, ya, yang tidak tersedia untuk tanaman.
3. Kalau Fe-Dp Librel mengandung 7% Fe, maka jumlah tepung yang diperlukan adalah: 100/7 * 2 gram = 28.5 gram per 3 minggu.
4. Ini berarti, untuk system yang berjumlah total air 1000 liter, diperlukan 494 gram Fe-DPTA dalam setahunnya.

Semoga membantu. Kalau saya pribadi sih, saya akan mencoba dengan 2 ppm per 3 minggu. Terus diturunin secara bertahap, sampai titik di mana hampir chlorosis. Pada saat itulah menjadi acuan konsentrasi Fe yang diperlukan systemku secara khusus.

No comments:

Post a comment