Sunday, 18 January 2015

Peraturan Tata Tertib BBQ

0. Sebelum bertanya, diharapkan membaca FAQ berikuthttps://www.facebook.com/notes/belajar-bareng-aquaponik-bbq/faq-mengenai-aquaponik/1546542822283976

1. Nama akun facebook harus mengandung nama asli, tidak boleh seluruhnya nama merek,  "nama lapak" atau hobi. Contoh nama akun facebook yang masih diperbolehkan : --Nama--Hidroponik, --Nama-- Kebunsayur. Jika ketika meminta bergabung tidak dapat mengubah namanya, maka tetap akan diapprove, jika calon anggota berkomitmen untuk mengubah nama akun FB nya agar sesuai dengan ketentuan BBQ dalam waktu 2 bulan sejak tanggal bergabung di BBQ.

2. Tidak boleh ada yang jualan. Jadi, tujuan aslinya memang untuk belajar, kalau mau jualan, silahkan gunakan Blog yang sudah disediakan : http://bbq.negeripelangi.org/, manfaatkan label dalam blog untuk kategorisasi apa yang dijual, atau bisa bergabung di Group Pasar Rakyat BBQ, https://www.facebook.com/groups/PasarRakyatBBQ/. Ini merupakan salah satu kekuatan BBQ  nantinya yang paling kuat, meskipun kebanyakan adminnya juga jualan di sebelah. Paling sebel, ketika kita berusaha belajar, terus sampai akhirnya baru tahu sarannya ada alasannya, dan lebih sebel lagi kalau alasannya itu nggak sesuai lagi dengan masalah, hanya karena orangnya ngotot jualan barang yang tidak tepat guna lagi.

3. Diusahakan jawabannya benar-benar ilmiah, jadi jelas gitu. Kalau nggak malah capek di usaha berupaya untuk mengerti kenapa. Tolong jawabannya jelas dan ilmiah. Jangan yang aneh-aneh tanpa penjelasan yang jelas dan ilmiah.

4. Kalau mau jawab, ya jawab seperti no:2, bukan malah diberi foto-foto keberhasilan, tanpa memberi solusi. Mungkin maksudnya memberi semangat, tanpa bisa menerangkan kenapa bisa. Tapi, itu bisa membuat orang-orang baru menjadi frustasi, karena seperti diiming-iming tanpa solusi. Foto-foto yang diberikan di dalam jawaban, harusnya langsung menerangkan jawaban itu sendiri.

5. Organik boleh, tapi tetap butuh pengetahuan ilmiah yang jelas. Dan, tidak mengharamkan kimia sama sekali. Di luar negeri, setahu saya, aquaponik diterima sebagai organik, meskipun harus memakai beberapa kimia tertentu. Ini diakui pemerintah, karena tidak mungkin aquaponik bisa berjalan baik, apalagi komersial, tanpa tambahan beberapa kimia tersebut. Kotoran ikan murni tidak mengandung paling tidak 3 unsur, yang harus ditambahkan ke dalam air. Belum lagi, dampak nitrifikasi akan mengakibatkan pH turun terus, dan harus dikontrol.

6. Semua postingan harus murni mengenai aquaponik, tidak diizinkah hal-hal yang bisa menimbulkan ketegangan yang bersifat SARA. Tolong sopan dan santun satu dengan yang lain, saling menghargai pendapat yang berbeda. Tapi, semuanya fokus ke aquaponik, hal-hal yang bisa membawa perbedaan, terlebih-lebih mengenai SARA, harus dihindari sejauh mungkin. 

7. Mari menjaga keamanan group, terlebih-lebih dari hal-hal yang bisa mengancam keberlangsungan group dari di-daftar hitam oleh Facebook. Oleh karena itu, hal-hal yang tidak jelas legalitasnya, seperti link download ebook bajakan, contohnya, sebaiknya dihindarkan untuk dipasang secara terbuka. Kalau ada yang mau membantu, boleh-boleh saja, tapi tolong pakai jalur pribadi, contohnya, di-inbox saja. 

Referensi

1. Poin 1 s/d 4, masukan dari Pak Indra Gunawan, https://www.facebook.com/groups/bebeha/331496757011411/?notif_t=group_comment

No comments:

Post a comment